Cara Membersihkan Telinga yang Aman di Rumah

0

Cara Membersihkan Telinga Yang Aman, Feminima.com – Telinga merupakan salah panca indra yang sulit dalam pembersihanyya. Berbeda dengan indra lain seperti mata atau hidung. Kita bisa membersihkan leluasa karena letak lubang yang tidak terlalu dalam.

Bagi sebagian orang kotoran telinga merupakan hal menjijikan yang harus selalu dibersihkan hingga benar-benar bersih bagiamanpun cara nya. Kotoran telinga pada setiap masing-masing orang berbeda. Bahkan aktifitas mengunyah makanan dapat meningkatkan produksi kotoran telinga.

Di dalam telinga terdapat sebuah kelenjar yang memang menghasilkan kotoran untuk melindungi telinga dari masuknya debu, bakteri atau hal lain yang menyebabkan kerusakan pada telinga. Terlepas dari hal itu bukan berarti kita tidak boleh membersikan telinga. Tetap membersihkan telinga akan tetapi dengan cara yang benar dan aman tentunya.

Kotoran telinga juga berbahaya apabila sudah terlalu banyak dan mengeras. Ada beberapa hal yang perlu dihindari agar telinga tetap aman:

Cara Membersihkan Telinga: Harus Di Hindari

1. Pemakaian cutton bud saat membersikan telinga

Membersihkan telinga dengan menggunakan cutton bud sebenarnya sangat tidak dianjurkan. Meskipun ujung cutton merupakan kapas yang lembut akan tetapi kita menekan telinga menggunakan batang cutton bud bukan?

Apakah cara membersihkan telinga dengan cutton bud berbahaya

Meskipun terasa nikmat akan tetapi pada faktanya memasukan cutton bud pada telinga sebanarnya bukan membesihkan telinga akan tetapi mendorong kotoran telinga semakin dalam. Dan itu sangat berbahaya karena cutton bud bisa merobek lubang telinga dan menyebabkan infeksi.

Bahkan gendang telinga bisa pecah karena tekanan atau gesekan cutton bud yang mengakibatkan kehilangan pendengaran. Untuk anda yang sudah terbiasa menggunkaan cutton bud segera hentikan ya walaupun sulit. Ingat bahwa telinga adalah aset besar dalam tubuh anda.

2. Pembersihan dengan Ear candling

Ear candling adalah terapi dengan menggunakan lilin. Terapi ini kebanyakan disediakan oleh salon-salon kecantikan. Ear candle juga bisa menyebabkan sisa lilin yang terendam dalam lubang telinga, gendang serta saluran telinga lainnya. Asap yang masuk pada telinga juga bisa mengendap dan menambah kotoran.

Terapi ear candling ini tidak dianjurkan karena memiliki banyak efek yang tidak baik untuk kesehatan telinga. Hal mudah yang dianjurkan adalah memasukan air pada telinga beberapa saat kemudian dikeluarkan lagi. Lakukan cara ini sehabis mandi.

Jika kotoran telinga sudah mengering apa yang harus kita lakukan?
Nah, jika kotoran pada telinga sudah terlihat banyak keras serta mengering tentunya sudah tidak nyaman. Apalagi untuk seseorang yang biasa berkumpul bersama teman-teman atau rekan kerja akan sangat menganggu. Selain membuat tidak percaya diri pendengaran akan sedikit terganggu kan?

Anda cukup meneteskan obat tetes teling 2-3 tetes (sesuai aturan). Diamakan hingga 2-3 hari sampai kotoran meleleh atau menjadi lunak. Berusaha untuk selalu miring pada telinga yang sedang diberi obat maka dengan sendirinya kotoran akan keluar tanpa harus menggunakan alat keras.

Penggunaan tetes telinga tidak boleh sering-sering digunakan karena mengandung kimia yang dapat merusak jaringan telinga. Tetes tersebut digunakan apabila kotoran telinga sudah parah.




Cara Membesihkan Telinga Secara Alami

Untuk perawatan rutin pembersihan telinga pun juga ada cara nya sendiri. Tanpa obat tanpa dokter dan tanpa salon tapi aman.

Tips Membersihkan kotoran telinga dengan minyak zaitun

1. Mineral oil atau minyak zaitun
Minyak zaitun dapat digunakan sebagi salah satu pembersih kotoran pada telinga. cara nya mudah teteskan 2-3 tetes minyak ke dalam telinga. Biarkan hingga 3 menit dengan posisi kepala miring. Kotoran akan keluar dengan sendirinya karena sudah lunak.

2. Garam
Bumbu dapur yang satu ini memiliki banyak manfaat kesehatan selain sebagai penghilang kaki pegal juga bisa digunakan sebagai pembersih kotoran telinga. Caranya ambil 1 sendok garam larutkan dalam setengah gelas air. Ambil bola kapas kemudian rendam kapas pada air hangat. Selanjutnya teteskan beberapa tetes larutan air garam dan diamkan hingga 8-10 menit dalam keadaan kepala miring.

3. Cuka dan alkohol
Cuka dan alkohol dapat digunakan sebagai pembersih telinga serta sebagai anti bakteri yang masuk ke dalam telinga. Caranya sama seperti pada penggunaan garam dan minya. Campurkan cuka dan alkohol dalam ukuran yang sama kemudian teteskan pada telinga. diamkan untuk beberapa saat dalam kondisi kepala miring.

Tips Membersihkan Kotoran Telinga

Terlepas membahas penyebab serta cara membersikan kotoran telinga pada dasarnya telinga memilki manfaat yang luar biasa pada tubuh kita. Kotoran telinga bermanfaat sebagai penangkal debu yang masuk ke dalam telinga, binatang-binatang kecil seperti semut serta sebagai antibakteri terhadan kuman yang masuk kedalam telinga.

Akan tetapi apabila produksi kotoran di telinga sudah terasa banyak dan menganggu, biasanya akan timbul rasa gatal, nyeri dll maka segera dibersihkan. Ingat ya membersihkanya jangan di korek dengan cotten bud atau ujung peniti, karena ada cara yang lebih aman. Mudah kan cara membersihkan telinga ?. Semoga bermanfaat.

Kamu Suka?
Tekan "Like" nya

Follow on Twetter !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here