Penyebab Benjolan Di Belakang Telinga

0

Penyebab Benjolan Di Belakang Telinga, Feminima.com  – Pernah dengar benjolan di belakang telinga? Atau jangan-jangan anda saat ini sedang mengalaminya? Tahukah bahwa benjolan tersebut, kadang bisa menjadi suatu gejala penyakit tertentu apalagi jika disertai sakit kepala yang hebat. Namun itu semua tergantung apakah sakit kepala terasa sejak benjolan muncul atau tidak dimana pada intinya ada saling keterkaitan diantara keduanya.

Pastinya, dibutuhkan informasi lebih akurat seperti sejak kapan benjolan di belakang telinga mulai tumbuh, mungkingkah ada gangguan pendengaran, mimisan, kejang, gangguan penglihatan serta seberapa sering sakitnya demi menegakkan diagnosa penyakitnya. Tak cukup sampai disini, menurut para dokter masih dibutuhkan pula pemeriksaaan fisik hingga data penunjang (pengkajian fisik, laboratorium , foto kepala) agar mengetahui penyebab sekaligus penanganan efektif.

Menelisik ke pembahasan lebih mendalam, pada dasarnya struktur di belakang telinga terdiri dari tulang mastoid dan kelenjar getah bening. Jadi bisa dibilang adanya benjolan bisa disebabkan oleh gangguan struktur itu tadi. Selengkapnya, mari simak ulasanya dibawah ini.

waspadai penyebab benjolan di belakang telinga

Penyebab Benjolan Di Belakang Telinga

Pembengkakan kelenjar getah bening

Bagian ini merupakan salah satu pusat sistem kekebalan tubuh seseorang. Oleh karena itu, perananya begitu penting dalam melawan infeksi, mencurigai sel – sel ubnormal (kanker) dan membuang sel – sel mati. Dan ternyata kelenjar getah bening dapat membesar pada kondisi tertentu terutama akibat infeksi, keganasan maupun penyakit lainya.

Pertama, karena infeksi oleh jamur, bakteri virus atau sejenisnya, kelenjar tersebut akan berupaya membentuk antibody sebanyak – banyaknya untuk melawan semua infeksi sehingga produksi yang berlebihan inilah yang mengakibatkan pembengkakan.

Seringkali benjolan di belakang telinga akan muncul bilaman terdapt infeksi di telinga, gigi, mulut dan sekitarnya. Anda pun tak perlu khawatir mengingat beberapa hari kedepan benjolan tersebut biasanya hilang jika infeksi teratasi dengan baik.

Kedua, karena keganasan dalam artian bahwa sel – sel kanker pada tubuh mampu menjalar ke organasal sampai akhirnya berimbas ke pembengkakan kelenjar getah bening. Tentu saja hal ini sebagai penanganan awal antibodi tubuh untuk melawan sel kanker tersebut.

Ketiga, karena penyakit lain yang biasanya ditemukan pada jenis autoimun.

Tumor

Mungkin anda mengira bila tumor sama persis dengan kanker. Sekali lagi, bahwa tumor memanglah mirip dengan kanker akan tetapi dia memiliki ciri khas tersendiri dan umumnya menyerang di bagian – bagian tertentu seperti tumor telinga, tumor tulang dan lain-lain.

Tumor dapat terjadi pada semua orang utamanya yang punya riwayat keluarga, keganasan atau panjanan radiasi. Dan sebagai efeknya, kelenjar getah bening di belakang telingan bisa saja membengkak bahkan makin membesar dari waktu ke waktu.

Kelainan kulit

Siapa sangka kelainan pada kulit ternyata dapat pula menimbulkan pembengkakan. Adapun contoh paling rela yakni sejenis abses atau penyakit kista. Jadi, jangan dianggap remeh kalo menemukan ciri maupun gejala kelainan kulit pada tubuh anda.




Benjolan Di Belakang Telinga Terasa Sakit

Sekarang, sudah pada tahu kan, kenapa ada benjolan di belakang telinga. Untuk catatan pribadi, jika benjolan itu berlangsung beberapa hari sampai 2 minggu lamanya, sebaiknya periksakan diri ke dokter agar bisa dideteksi gejala dan penyebabnya sedari dini sehingga akan lebih mudah dalam mencegah ke arah yang lebih buruk. Apalagi disertai dengan sakit kepala hebat, justru pada kondisi inilah beresiko tinggi mengancam jiwa mengingat ada kemungkinan terjadi gangguan di bagian otak disamping termasuk pusat dari seluruh saraf tubuh.

So, jangan malu memeriksakan diri ke dokter karena semuanya demi kebaikan dan kesehatan tubuh anda.

Kamu Suka?
Tekan "Like" nya

Follow on Twetter !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here